Tajuk

Hanya di Negeri Mimpi

Posted: 11/07/2017 at 08:25   /   by   /   comments (0)

Alkisah terdapat sebuah negeri yang kaya raya nan indah, penduduknya makmur dan bahagia. Rajanya bersahaja sangat dicintai seluruh rakyat negeri itu. Negeri yang indah ini memiliki apapun yang diingikan negeri-negeri tetangga, banyak yang mencoba mendekat dengan menawarkan kebahagiaan dan kekayaan pribadi untuk sang raja. namun semua ditolaknya, karena sang raja hanya ingin membahagiakan dan mensejahterakan rakyatnya.

Suatu ketika Sang Rajapun merasa dirinya sudah tua, sehingga dia merasa perlu diadakan pemilihan untuk mencari siapa calon penggantinya. Diajukan kepada masyarakat dua orang buah hatinya yang di anggap paling baik untuk dipilih. Kedua orang anaknya ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sulung memiliki ketegasan, kewibawaan, namun kaku. Sementara bungsu tidak terlihat terlalu berwibawa namun bersahaja, dekat dengan masyarakat. Walau berbeda pribadi, namun keduanya saling mencintai. sama-sama menginginkan yang terbaik untuk masyarakat, sehingga siapapun yang terpilih, maka yang tidak terpilih akan menjadi garda terdepan mendukung kepemimpiman raja yang terpilih.

Maka dimulai pemilihan, dan ternyata warga menghendaki si bungsu yang menjadi pengganti sang raja. Kakak ha mendukung sang adik, dan dimulailah masa bakti raja baru dibawah bimbingan ayahhanda.

Namun tiba-tiba, datanglah masa paceklik. tumbuhan yang ditanam gagal panen, sungai-sungai mulai mengering, hewan ternak banyak yang mati karena kelaparan, sehingga berdampak transaksi jual beli antar negeri terhambat. 

Roda perekonomian hampir berhenti, kesejahteraan negeri ini mulai terganggu. rakyatnya jatuh miskin kelaparan dan kehilangan pekerjaan. Di saat yang bersamaan datanglah negeri-negeri asing menawarkan bantuan dengan harapan mendapatkan sebagian dari daerah kekuasaan sang raja, ditambah iming-iming kekayaan yang akan diperoleh sang raja.

Sang raja berada didalam titik yang paling membingungkan. Langkah apa yang harus dia ambil, akhirnya raja memutuskan berdiskusi dengan ayah, kakak dan para penasihatnya. namun merekapun tidak bisa membantu, akhirnya sang raja mendatangi rakyat, mendengar keluh kesah dan harapan rakyat.

Ternyata rakyat tidak menginginkan bantuan dari negeri dari negeri lain, mereka siap berjuang berjuang asalkan diberi kesempatan. sang raja kembali semangat dan memeriksa dokumen dan memeriksa inventaris dan asset kerajaan.

Ternyata, raja menemukan wilayah dan lahan-lahan subur, kaya yang dapat dikelola oleh masyarakat, rajapun sangat berbahagia

Raja mengumumkan hal itu kepada seluruh masyarakat, dan menawarkan kesempatan mengelola bersamalahan tersebut, rakyatpun menyambutnya dengan gembira, namun diperlukan dana awal yang cukup besar untuk modal awal pekerjaan tersebut. datanglah kembali tawaran bantuan dari negeri lain, yang akan memberikan keuntungan pribadibagi sang raja, dengan timbal balik bunga pinjaman atau atau lahan kaya yang akan dikelola.

bantuan yang jauh lebih besar dan keuntungan pribadi untuk sang raja dan keluarga yang lebih besar juga. Raja mulai bimbang, namun saat menatap wajah penuh harap dari warganya. 

Raja berdiskusi dengan seluruh keluarganya, dan memutuskan mereka akan menjual seluruh asset pribadi milik keluarga kerajaan demi mendanai usaha bersama warga, walaupu raja akan merasakan hidup tidak sekaya sebelumnya namun itu yang dia lakukan.

Danapun didapat, usahapun dimulai, rakyat dan raja sama-sama bekerja, dan akhirnya sedikit-sedikit kebahagiaanmulai dirasakan walau perlahan.

Tapi mohon maaf, semua ini hanya terjadi di negeri alkisah. Belum tentu terjadi di Indonesia. Namun demikian, alangkah indah jika Indonesia mengambil hikmah dari cerita negeri alkisah. Selamat pagi, semangat pagi bagi seluruh rakyat Indonesia!

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website

*