Tajuk

Kemenangan Iman

Posted: 19/04/2017 at 07:08   /   by   /   comments (0)

Alhamdulillahi Rabbil Alamin. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam. Dia yang menjadikan sebab-sebab kejadian, dan menjalankan semua peristiwa, dan juga yang mampu membolak-balikkan hati manusia.

Hari ini akan dicatat oleh sejarah, sekurang-kurangnya sejarah dalam hidup bangsa Indonesia. Kemenangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, dalam Pilkada DKI, menjadi kemenangan atas perjuangan Iman. Kemenangan ini bukan kemenangan politik. Ini adalah kemenangan Iman. Ini bukan hanya sekadar pilkada biasa, ini adalah pilkada eksistensi umat Islam dan aspirasi kaum Muslimin.

Ada beberapa pelajaran yang perlu kita ambil, dan nilainya harus kita jaga. Pertama, jika hanya tentang politik, sungguh mengalahkan seorang Ahok, dengan resources yang luar biasa, dengan kekuatan yang luar biasa, dengan modal yang luar biasa, dengan jaringan yang luar biasa, dengan usaha yang luar biasa, bukan urusan mudah. Mengandalkan kekuatan politik dan mesin-mesin politik, tidak akan mampu mengalahkan Ahok. Ahok tumbang karena pertolongan Allah, melalui perjuangan umat Islam.

Kedua, saham umat Islam dalam kemenangan Anies-Sandi dalam Pilkada DKI, sangatlah besar dan signifikan. Tidak saja kaum muslimin yang ada di Jakarta, tapi dari seluruh Indonesia. Peran dan perjuangan kaum Muslimin, memenuhi seluruh ruang kemenangan. Peran yang dimainkan para habaib dan ulama, umat Islam dari berbagai kalangan, ibu-ibu dan bapak-bapak sederhana yang mencurahkan segala daya dan upayanya, mengalir deras dalam peristiwa kemenangan ini. Kami sangat yakin, kaum Muslimin tidak menuntut keperpihakan politik, kaum Muslimin justru memiliki harapan bahwa Anies-Sandi harus menjadi Rahmatan Lil Alamin.

Anies-Sandi harus Menjadi rahmat bagi seluruh penduduk Jakarta, tanpa terkecuali. Menjadi adil tanpa pandang pilih. Menjadi kasih bagi semua yang ada di negeri ini. Menjadi bukti bahwa kaum Muslimin dan pemimpin Islam adalah masa depan bangsa ini.

Ketiga, dan ini adalah yang sangat penting kiranya, bahwa jika kaum Muslimin bersatu, ada banyak hal yang bisa dilakukannya. Ada banyak hal yang bisa dimenangkannya. Ada banyak hal perjuangan dan kebaikan yang bisa diwujudkannya. Bahu membahu, berjuang bersama, memiliki cita-cita, dan mewujudkannya. Kita semua harus mengingat, semua perbedaan yang ada harus lebur karena cita-cita meninggikan Islam, dan membumikan kebaikan-kebaikan agama ini.

Last but not least. Kemenangan ini bukan akhir perjuangan tapi awal perjuangan. Setelah ini tugas besar menanti untuk dipikul oleh pundak Anies-Sandi. Menyatukan warga Jakarta setelah terpecah-pecah, bukan urusan mudah. Mewujudkan keadilan dan kesejahteraan di Ibukota. Memenuhi janji-janji saat kampanye dalam Pilkada. Semoga Allah menolong kita semua.

Tapi bagi kaum Muslimin, Anies-Sandi harus kita jaga. Bantu sebisanya. Dukung sekuatnya. Untuk mewujudkan cita-cita Rahmatan Lil Alamin bagi Indonesia. Anies-Sandi tidak boleh hanya dikuasai oleh kekuatan politik tertentu. Anies-Sandi tidak boleh didominasi oleh mesin politik tertentu. Bukan saja karena yang memenangkan Anies-Sandi adalah umat Islam, tapi juga karena kita tidak ingin, kemenangan Iman ini berakhir dengan cerita transaksi politik seperti yang terjadi dalam semua proses kekuasaan.

Bang Anies, Bang Sandi. Selamat berjuang. Kami tidak akan surut langkah membantu dan mendukung abang. Semoga Allah menolong perjuangan ini.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website

*