Tajuk

Pertempuran yang Harus Dimenangkan

Posted: 14/05/2017 at 09:34   /   by   /   comments (0)

Ada sebuah pepatah Cina yang kira-kira artinya,“Jika engkau telah tahu siapa musuh itu, maka kau akan melihat ribuan pertempuran di sekelilingmu.”

Setiap hari kita berada pada medan pertempuran. Tapi sayangnya, karena kita tak mengetahui musuh kita yang sesungguhnya, maka kita tak melihat pertempuran-pertempuran yang harus kita lakukan. Bahkan yang sudah mengenal musuh pun masih samar dan tak jelas benar melihat pertempuran. Padahal, ada ribuan pertempuran yang harus kita hadapi. Setiap hari.

Kita harus melawan ketidakadilan yang terjadi di seluruh negeri. Baik ketika Muslim menjadi mayoritas, ataupun ketika Muslim menjadi minoritas. Ketidakadilan ada di mana-mana, dilakukan oleh siapa saja. Dari golongan kita, juga golongan mereka. Sebab, Rasulullah pernah bersabda, “Tolonglah saudaramu yang dizalimi atau yang menzalimi.” Menolong yang dizalimi dengan membela. Menolong yang menzalimi dengan memberi peringatan padanya.

Kemiskinan misalnya, adalah never ending enemy yang melahirkan berjuta alasan kemungkaran. Begitu juga masalah pendidikan yang menyumbang saham besar segala macam persoalan. Seperti kata sastrawan Inggris, T.S. Elliot, “Masalah pendidikan akan melahirkan persoalan lain di bidang sosial, ekonomi, politik, bahkan keuangan.” Bahkan kelemahan internal umat Islam sendiri adalah musuh yang harus diperangi, medan pertempuran yang harus dimenangkan. Terutama perpecahan dan tidak bersatunya umat Islam.

When you see the enemy, you will see a thousand of battle. Tapi jangan hanya melihat, mendengar, lalu diam karena terlalu bingung melihat jumlah dan besarnya persoalan. Lalu mulai mencari-cari alasan untuk tak melakukan sesuatu dan menghindari masalah dengan berkata, “Apalah artinya orang kecil seperti saya?”

Kita harus berani berkata pada diri sendiri, “Don’t give me a thousand of excuse to do nothing. Give me just one reason to lift the burden.” Jangan beri aku sejuta kilah untuk tak berbuat sesuatu. Beri aku satu alasan saja, untuk melakukan yang aku mampu.

Ada banyak pertempuran yang harus kita lakukan. Laga demi laga harus kita menangkan. Semoga Allah, menolong kita memenangkan pertempuran besar!

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website

*