oleh

Agama Allah Tidak Akan Bertentangan dengan Kemanusiaan

Agama Allah Tidak Akan Bertentangan dengan Kemanusiaan

Cibubur, Rasilnews – Dalam video dakwah yang tayang di kanal YouTube Rasil TV pada Kamis (3/2), Ustad Husein Alattas (UHA) membantah tudingan terkait Islam sebagai agama yang bertentangan dengan nilai kemanusiaan.

Ia mengatakan, agama yang turun dari Allah pasti menyerukan kepada kebaikan, maka mustahil jika tuntunan yang terkandung di dalamnya tidak sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

“Nilai-nilai kemanusiaan itu adalah nilai-nilai yang Allah tanamkan dan Islam datang dari Allah, jadi bagaimana mungkin agama yang datang dari Allah akan bertentangan dengan nilai kemanusiaan,” ujar UHA.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa Allah menurunkan Al Quran dan mengutus rasul dalam rangka membangun kemanusiaan yang beradab serta kemanusiaan yang bekerja sama dalam ketaatan kepada Allah subhanahu wata’alaa.

Ia menyebutkan salah satu Firman Allah yang tertuang dalam QS Al Anfal ayat 24:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ ۖ

“Hai orang-orang yang beriman, sambutlah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kalian kepada kehidupan kalian”

Dalam ayat tersebut, UHA menjelaskan makna ‘kehidupan’ yang dimaksud yaitu kehidupan yang mulai dan penuh keadilan.

“Allah menurunkan rasul untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam, bukan hanya manusia. Allah perintahkan kita memperlakukan hewan dengan mulia, tidak melakukan kerusakan di muka bumi. Ini nilai-nilai yang dijunjung seluruh manusia baik yang muslim ataupun yang bukan muslim. Ini merupakan nilai-nilai universal yang Allah tanamkan sebagai fitrah manusia,” jelas UHA.

Selain itu, ia juga menjelaskan terkait makna amar ma’ruf nahi mungkar yang berulang kali diserukan oleh Al Quran kepada umat Islam.

“Seluruh perbuatan, perkataan yang menimbulkan kerusakan, kebencian, permusuhan itu ditentang oleh Islam dan masuk dalam kategori mungkar. Sedangkan seluruh yang mengajak manusia kepada kebajikan, kerukunan, keadilan, kebenaran, dan saling mencintai Allah menganjurkan, dan ini dinamakan ma’ruf,” jelasnya.

Acara yang dipandu oleh Muhammad Isa Al Khaf itu mengangkat tema ‘Islam Bertentangan dengan Kemanusiaan’. Selain Ustad Husein Alattas, hadir Ustad Hamzah Alattas yang juga menjadi narasumber dalam acara tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed