oleh

Ma’had khulafa Ar-Rasyidin Insan Mandiri Cibubur Menyelengarakan Ujian Tahfiz Al-Qur’an

Cibubur, RasilNews- Ma’had khulafa Ar-Rasyidin Insan Mandiri Cibubur tengah menyelengarakan ujian tahfiz Al-Qur’an. Para santri akan diuji hafalannya selama satu semester terakhir.

Ujian tahfiz ini dilaksanakan dalam rangka menguji hafalan para santri. Dalam satu semester ada santri yang sudah menghafal sebanyak 3 juz. Rata rata siwa mampu menghafal minimal satu semester .

Adapun syarat menjadi santri Ma’had khulafa Ar-Rasyidin minimal dalam kurun waaktu 3 tahun hafal sekurang-kurangnya 5 juz Al-Qur’an. Disamping menghafal Al-Qur’an para santri dibeka;li kemampuan untuk menerjemahkan Al-Qur’an dengan metode tamyiz.

Dalam pelaksanaan ujian, memang para santri sangat rajin untuk mempersiapkan hafalannya masing-masing. Setiap harinya ketika waktu ujian, setiap selesai sholat fardu berjama’ah plus zikir, do’’a dan sholat sunnah ba’diyah, para santri langsung bersiap mengambil Al-Qur’an berbondong-bondong untuk menghafalkan Al-Qur’an.

Ketika waktu ujian, ekspesi raut wajah para santri bermacam-macam: ada yang senang dan bergembira karena mereka sudah siap diuji, ada yang ketakutan karena belum siap, ada yang yang galau karena sudah hafal surat yang satu namun surat yang lainnya lupa lagi.

Ketika ujian sudah selesai pun raut wajah para santri bermacam-macam: ada yang bergembira, senang dan sujud syukur mengucapkan Alhamdulillah, ada yang pesimis mengatakan kepada ustadz: “ustaz nilai saya jelek ya”, ada yang tidak terima dengan hasil ujian nya karena dia tidak bias jawab dan menunggu ustadz menyelesaikan ujian agar bisa langsung ujian lagi dan macam-macam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed