oleh

Presiden: Segera Kendalikan Harga Bahan Pokok

JAKARTA — Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok agar terjangkau bagi masyarakat. Jokowi juga menekankan pentingnya peningkatan produksi pangan sebagai langkah antisipasi di tengah ancaman krisis pangan global.

Dari tinjauannya di beberapa daerah, Jokowi menyebut harga untuk minyak goreng curah mulai stabil. Namun demikian, Jokowi meminta agar harga tersebut terkendali di seluruh provinsi. Menurut dia, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjatian dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan masih membutuhkan waktu hingga satu bulan agar harga-harga tersebut dapat merata di seluruh daerah.

“Tapi yang jelas, yang paling penting solusi pendeknya adalah menjaga harga di masyarakat supaya tetap stabil dan terjangkau,” ujar Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6), seperti dikutip dari Republika.id.

Presiden ingin jajarannya secepatnya dapat mengendalikan berbagai harga kebutuhan pokok. Untuk membantu beban masyarakat, Jokowi menyatakan pemerintah berkomitmen pemerintah untuk terus memberikan subsidi meskipun beban fiskal saat ini sudah berat. Subsidi tersebut juga diberikan untuk sektor energi seperti BBM, gas, dan listrik.

Terkait adanya ancaman krisis pangan global, Jokowi memerintahkan agar produksi pangan ditingkatkan. Jenis komoditas pangan yang ditingkatkan pun bisa disesuaikan dengan karakteristik masing-masing daerah.

“Saya minta kita fokus, pertama peningkatan produksi besar-besaran baik itu dari petani, korporasi, BUMN. Semua harus ditingkatkan, jangan mengikuti rutinitas harian, yang sering kita kejebak di situ,” kata Jokowi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed