oleh

Tarhib Ramadhan MUI, Wapres: Ramadhan Tumbuhkan Solidaritas Bangsa

Tarhib Ramadhan MUI, Wapres: Ramadhan Tumbuhkan Solidaritas Bangsa

Jakarta, Rasilnews – Wakil Presiden (Wapres RI), KH. Ma’ruf Amin mengharapkan Ramadhan tahun ini, dapat menjadi momentum untuk meningkatkan ketakwaan dan menumbuhkan solidaritas bangsa.

“Saya harap Ramadhan bisa menjadi momentum ketakwaan kita, menumbuhkan solidaritas bangsa,” kata Wapres Ma’ruf dalam Syiar Islam dan Tarhib Ramadhan bersama MUI Pusat di gedung MUI Pusat, Jakarta, Kamis (31/3).

Puasa di bulan Ramadhan, kata Ma’ruf, dapat memunculkan rasa empati kepada sesama, terutama kepada orang-orang miskin yang kelaparan. Karena bulan suci ini tidak hanya membangun hubungan vertikal kepada Allah SWT, namun juga menjalin hubungan horizontal kepada sesama makhluk-Nya.

Ma’ruf Amin mengungkap, bulan Ramadhan tidak hanya mengandung hikmah secara spiritual, namun juga wadah pembinaan karakter.

“Puasa mengandung hikmah tidak hanya spiritual, tapi juga karakter. Training yang efektif untuk akhlak kita,” ujarnya.

Bersandar pada hadis Nabi Muhammad SAW, Ma’ruf Amin menjelaskan, jika umat Islam mampu menjalanlan puasa dengan pengendalian diri yang baik, kejujuran, solidaritas sosial, maka hati dan jiwanya menjadi bersih karena diampuni dosa-dosa masa lalunya oleh Allah SWT.

Sementara itu, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI Pusat, KH Cholil Nafis dalam tausiyahnya di acara yang sama mengatakan, bulan Ramadhan sebagai balai pelatihan umat Islam untuk kembali kepada kemanusiaan dan menjaga kewarasan.

“Bulan Ramadhan kita kembali kepada kemanusiaan. Ini adalah balai pelatihan kita menjaga kewarasan. Kalau kita mau waras, kita harus bisa mengontrol diri,” kata Cholil dalam acara yang berlangsung mulai pukul 20.00 sampai 21.20 WIB itu.

“Kepentingan umum diutamakan daripada kepentingan pribadi, itu bagian dari kewarasan,” lanjut Cholil.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed