oleh

Ternyata Ini Manfaat Kurma dan Air Putih Setelah Seharian Berpuasa

Ternyata Ini Manfaat Kurma dan Air Putih Setelah Seharian Berpuasa

Cibubur, Rasilnews – Jelang berbuka puasa adalah hal yang dinantikan kaum muslim mulai dari anak anak, dewasa hingga orang tua. Tidak sedikit dari mereka yang kemudian berburu kuliner ditempat keramaian.

Sering kemudian kita melihat banyak kaum muslim yang berbuka dengan makanan yang tidak baik bagi kesehatan, padahal sebagai umat Islam, ada baiknya mencontoh bagaimana Rasulullah menerapkan gaya hidup sehat. Beliau juga memberikan tuntunan dalam memilih makanan apa saja yang layak dikonsumsi.

Dalam Alquran Allah swt berfirman
“Fakulluu mimma razaqakumullaha halaalan thayyiban,”. Yang artinya, “Makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu,”(QS An Nahl ayat 114).

Ayat ini menjadi landasan bagaimana Islam menuntun umatnya dalam berbuka, bahwa salah satu makanan baik yang dapat dikonsumsi saat buka puasa adalah kurma dan air putih sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat. Kalau tidak ada ruthab, beliau makan tamar (kurma kering). Bila tidak ada keduanya, beliau biasanya meminum air seteguk demi seteguk.”

Lalu mengapa baginda Rosulullah saw berbuka puasa dengan Kurma? adakah pesan yang ingin beliau sampaikan kepada manusia? ternyata hikmah dibalik itu adalah kurma mengandung glukosa yang dibutuhkan oleh tubuh, dan dan buah ini mengandung energi yang sangat luar biasa.

Setelah berpuasa seharian penuh, tubuh akan kehilangan cairan dan energi. Maka tepat jika tidak terhidang kurma dapat diawali dengan segelas air putih. Karena itu, Kurma dan air putih sangat baik bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga dan energi.

Kurma dan air putih sangat baik untuk tubuh yang sedang mengalami kekurangan cairan dan energi. Itulah salah satu hikmah tuntunan Nabi mengenai makanan yang dipilih dan dikonsumsi pada saat berbuka puasa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed