Muhammadiyah Inisiasi Pesantren Sains Pertama di Indonesia

Sragen, MINA – Lembaga keagamaan Muhammadiyah menggagas pesantren sains (Trensain) yaitu lembaga pendidikan berbentuk pesantren yang memadukan antara Al Qur’an dan ilmu pengetahuan (Sains).

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, Trensain diharapkan melahirkan kader-kader Muhammadiyah yang memiliki kualifikasi unggul, yang intelektual-ulama.

“Inilah satu proyek peradaban dari Islam Berkemajuan di abad kedua. Jadi kalau ada orang mencari penjelasan, tidak usah rumit-rumit teorinya, suruh datang ke SMA Trensain ini,” ucapnya di pesantren sains Sragen, Jawa Tengah, dikutip dari Kantor Berita Islam MINA, Senin (31/10).

Apresiasi luar biasa disampaikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir untuk Pesantren Sains Trensain Muhammadiyah, Sragen, sebagai pesantren integrasi antara Al Qur’an dan Sains pertama di Indonesia.

Dari pesantren ini diharapkan melahirkan kader-kader Muhammadiyah yang memiliki kualifikasi unggul, yang intelektual-ulama.

Menurut Haidar Nashir, Trensain adalah aset Tajdid Muhammadiyah ke depan. Trensain merupakan hasil dari usaha-usaha kemajuan.

Santri Muhammadiyah harus memiliki style yang keren dan berkemajuan. Santri Muhammadiyah harus seperti fiil mudhari’, bukan fiil madhi. Dengan itu, maka Trensain dapat dikatakan sebagai bagian dari Islam yang Berkemajuan.

Haedar berpesan, supaya santri ketika menjadi apapun di masa depan untuk menerapkan pandangan Islam yang Berkemajuan.Di era kini dan depan, santri Muhammadiyah juga dituntut memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi.

“Santri  di sini harus memiliki kultur (tradisi besar), lihat Kiai Dahlan itu yang berpakaian rapi dan semangat menghadapi hari depan,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *