oleh

SD Silaturahim Islamic School, Gunakan Lagu Permudah Belajar Bahasa Arab

SD Silaturahim Islamic School, Gunakan Lagu Permudah Belajar Bahasa Arab

Cibubur, Rasilnews- Bahasa Arab merupakan kegiatan atau program unggulan rata-rata di setiap pesantren. Sejak pasca launcing peluncuran program wajib bahasa Arab, asrama Khulafa Ar-Rasyidin di Sekolah Dasar Silaturahim Islamic School mempunyai program belajar bahasa Arab dengan lagu yang dinamakan metode Tamyiz karya Ustaz Abaza MM, Rabu (30/3).

Dalam pengamatan Radio Silaturahim, para santri mengikuti pelajaran bahasa Arab dengan metode lagu ini, begitu antusias. Setiap memulai pelajaran, diawali dengan meneriaki jargon bersama-sama, “Tamyiz: Mudah, mantap, Alhamdulillah. Belajar tamyiz: sik asik asik Jempolan.”

Lagu yang digunakan dalam metode Tamyiz ialah lagu-lagu yang sudah akrab di telinga anak-anak seperti lagu Umi, Ya Thoibah, Kalau Kau Suka Hati, Ampar-ampar Pisang, dan lain sebagainya.

Dari informasi yang diberikan oleh pihak sekolah, tujuan belajar bahasa Arab dengan menggunakan lagu adalah agar para santri lebih mudah dalam menghafal kosa kata bahasa Arab.

Pada Rabu (30/3), para santri belajar menerjemahkan Al-Qur’an Surat Al Baqarah ayat 20. Imbas dari metode Tamyiz, para santri menjadi lebih mudah dalam menerjemahkan ayat suci Al Quran karena telah menghafal kosakata.

Salah satu santri SD Silaturahim Islamic School, Royyan mengatakan, dirinya merasa senang sekali belajar bahasa Arab sambil bernyanyi. Royyan merupakan salah satu santri yang hafalan Tamyiznya paling banyak.

Menurut Ustaz Khafidin sebagai pengajar di sekolah yang berada di Cibubur, Kota Bekasi itu mengaku, para santri sangat cepat dalam menghafal apabila dibantu dengan lagu.

Ia turut mengucapkan terima kasih kepada Ustaz Abaza MM yang telah membuat metode Tamyiz karena dianggap sangat membamtu dan memudahkan santri dalam belajar dan menghafalkan kosa kata bahasa Arab, serta mampu menerjemahkan Al-Qur’an dengan baik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed