oleh

3 Keutamaan Malam Nuzulul Quran

3 Keutamaan Malam Nuzulul Quran

Cibubur, Rasilnews – Alquran merupakan Pedoman hidup bagi umat muslim, peristiwa turunnya alquran atau disebut Nuzulul Quran termasuk dalam salah satu peristiwa penting dalam sejarah islam yang bertepatan di bulan Ramadhan.

Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya Alquran dari Lauful Mahfud di langit ketujuh ke Baitull Izzah atau langit dunia. Nuzulul Quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan.

Hikmah memperingati Nuzulul Qur’an dilakukan dalam rangka menghayati dan mengamalkan ajaran yang terkandung dalam alquran untuk dipraktekan dalam kehidupan sehari hari.

Dalam kitab Al bidayah Wan Nihayah, al-Waqidi meriwayatkan dari Abu Ja’far al Baqir yang mengatakan bahwa “wahyu pertama kali turun pada Rasul saw pada hari senin 17 Ramadhan”.

Dasar dari peringatan Nuzulul Qur’an di tanggal 17 Ramadhan, terdapat dalam tafsir QS. Al Anfal ayat 41 yang artinya ” Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil, (demikian) jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Maha kuasa atas segala sesuatu.”

Nuzulul quran memiliki beberapa keutamaan yang menjadikanya istimewa, diantaranya adalah

1. Memperoleh keberkahan dari Allah SWT, seperti tertuang dalam QS. Dukhan ayat 3 yang artinya : “Sesungguhnya Kami Menurunkannya pada Suatu Malam yang diberkahi.” Disebut malam yang penuh berkah karena Al-Qur’an diturunkan ke bumi pada suatu malam di bulan Ramadhan dan malam itu menjadi malam berkah.

2. Diampuninya segala Dosa dosanya oleh Allah SWT.
Rasulullah SAW bersabda dalam hadis riwayat Abu Hurairah sebagai berikut. “Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. Seseorang yang menghidupkan malam Nuzulul Quran akan di ampuni segala dosa dosanya dari Allah SWT. Hal diibaratkan seorang bayi yang baru lahir ke dunia, dosa-dosa masa lalunya akan diampuni.

3. Lebih baik dari 1000 bulan
Hal ini sesuai dengan firman allah SWT, “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS.Al-Qadr:3)
Disebut lebih baik maksudnya amalan dan ibadah yang kita lakukan selama satu malam dimalam Nuzulul Quran lebih baik dari amalan yang dilakukan selama seribu bulan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed