oleh

Insan Mandiri Islamic Boarding School Mencetak Kader Hafizh Qur’an

-Rasil News-9,219 DIBACA

Insan Mandiri Islamic Boarding School Mencetak Kader Hafizh Qur’an

Cibubur, Rasilnews- Insan Mandiri Islamic Boarding School merupakan salah satu sekolah Tahfizh dibilangan Timur Jakarta. Sekolah ini mengambil kurikulum dengan nama ‘Project Base on Qur’an’ yang artinya metode pembelajaran yang diberikan kepada para siswa mengambil dari Alquran.

Munif Chatib selaku direktur Insan Mandiri Islamic Boarding School mengatakan bahwa kurikulum Project Based on Qur’an adalah menciptakan pendidikan yang terintegrasi yang tidak hanya sekedar mengetahui atau hafal namun mampu menerapkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Jadi kami memakai ‘Project Based Quran’ agar nantinya aktivitas sehari-hari di Insan Mandiri Islamic Boarding School merupakan hafalan atau tahfizh yang telah santri kuasai,” ujarnya.

Bukan hanya itu saja, Insan Mandiri Islamic Boarding School mempunyai program khusus (takhosus) selama 1 bulan, “Dengan Program ini para santri dapat menghafalkan 30 juz Al-Qur’an menjadi Hafizh Qur’an yang diberi nama dengan “Program Qur’an Camp,” ucap alumni pertama Supercamp Oceanside Amerika Serikat ini.

Adapun metode yang digunakan adalah “Metode Yadain”. Metode Yadain (bahas arab) adalah adalah metode dengan menggunakan kedua tangan. Ketika menghafalkan ayat tentang kebaikan, maka tangan kanan yang digunakan, “Adapun tangan kiri digunakan kerika para santri sedang menghafalkan ayat-ayat tentang keburukan dan dosa-dosa,” tandasnya.

Adapun para santri yang sudah lulus menyelesaikan dan mengkhatamkan 30 juz Al-Qur’an diantaranya adalah Sahil Rosikhul Umam Nawawi, Muhammad Royyan Abdul Majid, Hasbin Najib dan masih banyak lagi.

Mushaf yang digunakan pun adalah mushaf Khusus yaitu “Al-Qur’an Yadain”. Ustadz Husein Al-Haddad selaku pengasuh “Program Qur’an Camp” menyampaikan bahwa dalam menghafalkan Al-Qur’an dengan “Metode Yadain”, para santri setiap harinya hafalannya selalu bertambah, mulai dari hari pertama 5 halaman, hari kedua 10 halaman, hari ketiga 20 halaman.

Bahkan ada santri yang mampu menghafalkan dalam sehari sebanyak 56 halaman. Subhanallah Allahu Akbar.

Ini merupakan motivasi dan kebahagian tersendiri yang dirasakan dan dialami oleh para santri Insan Mandiri Islamic Boarding School dalam menghafalkan Al-Qur’an.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed