oleh

Rocky Gerung: Perpanjangan Masa Jabatan Seolah jadi Solusi Masalah Ekonomi Indonesia

Rocky Gerung: Perpanjangan Masa Jabatan Seolah jadi Solusi Masalah Ekonomi Indonesia

Pengamat Politik, Rocky Gerung mengkritik survei legitimasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah situasi krisis pangan seperti minyak goreng, tahu, tempe hingga daging. Sehingga mengeluarkan hasil survei seperti itu tidak relevan jika melihat kondisi ekonomi saat ini.

Dalam program acara Indonesia Leader Talk (ILT) pada Jumat (25/2) malam di Radio Silaturahim AM 720, Rocky menuturkan bahwa pemerintahan mengeksploitasi harapan psikologis masyarakat dengan pernyataan bahwa diperlukan pemerintahan yang kuat dan memerlukan perpanjangan masa jabatan presiden. Alasannya berdasarkan survei legitimasi Presiden Jokowi masih 73%.

Sebelumnya diketahui melalui survei Litbang Kompas digelar pada 17-30 Januari 2022 lalu. Dilakukan wawancara tatap muka. Survei melibatkan 1.200 orang responden yang dipilih secara acak dengan pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di Indonesia. Dengan tingkat kepercayaan survei 95% dan margin of error plus minus 2,8 persen, menunjukkan tingkat kepuasan mencapai 73.9%.

“Naiknya legitimasi presiden 73%, itu yang sekarang kita tahu dari si tempe. Seolah-olah hanya dengan perpanjangan masa jabatan presiden masalah-masalah ekonomi ini dapat diselesaikan,”ujarnya

Kemudian ia menambahkan, “Ada rakyat yang nggak tahu bahwa hutang Indonesia numpuk, bahwa bayar bunga hutang hancur, bahwa kartel beroperasi, bahwa krisis pangan disebabkan kebijakan pemerintah yang buruk. Rakyat nggak tahu itu, dan mereka yang disurvei, hasilnya legitimasi Jokowi 73%.”

Sebelumnya, ia berkomentar mengenai adanya kartel, baik di dalam maupun di luar pemerintahan yang menyebabkan kekacauan situasi ekonomi ini.

“Ilmu ekonomi itu nggak pernah bohong tapi jika ilmu ekonomi yang rasional itu dilanggar dalilnya oleh mentri ekonomi itu sendiri maka pelanggaran itu jadi peluang pembentukan kartel, begitu logikanya,” kata Rocky.

“Jadi kalau orang tanya ke mana minyaknya kok hilang, ya memang minyaknya hilang dipake menggoreng isu perpanjangan masa jabatan presiden,” lanjutnya.

Selain Rocky Gerung, narasumber dalam acara Indonesia Leaders Talk yakni Politisi PKS Mardani Ali Sera, Ketua Umum Vox Point Indonesia Yohanes Handojo B, Ekonom dan Politikus Faisal Basri, Ketua Komisi A DPRD SumUt Hendro Susanto

Acara tersebut ditayangkan melalui kanal YouTube Rasil TV, PKS TV, PKS TV Jaktim, serta live streaming di akun Facebook dan YouTube pribadi Mardani Ali Sera, juga dipancar luaskan melalui siaran Radio Silaturahmi AM 720Khz.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed