oleh

Ustad Zen AlHady : Adab Berpuasa

Ustad Zen AlHady : Adab Berpuasa

Rasilnews – kurang lebih seminggu lagi kita bertemu dengan bulan yang penuh ampunan, bulan yang penuh dengan magfirah, semua umat muslim sukacita menyambut kedatangan bulan tersebut. namun dibalik itu semua, sudahkah kita menyiapkan fisik dan mentak kita? karena memang dibutuhkan persiapan khusus agar hasil yang kita peroleh nanti sesuai dengan yang kita harapkan.

Tata cara yang baik untuk menyambut kedatangan tamu agung bulan Ramadhan terbagi dua, yaitu adab kepada Allah (Hablum Minallah) dan adab kepada sesama manusia (Hablum Minannas).

Adab kepada Allah : 1. Usahakan memenuhi undangan Allah dengan bersholat di awal waktu. Ini merupakan akhlag mulia kepada Allah Ta’ala. Berpakaian yang rapih, bersih, harum, dan suci. Menghadap kepada Allah harus dengan akhlag yang mulia, melebihi dari pada menghadap kepada selainNya.

2. Memperbanyak tilawah (membaca) Algur’an. Membaca Algur’an sama dengan berbicara kepada Allah Ta’ala. Sesekali mari kita baca juga terjemahannya, agar lebih dalam perasaan kebersamaan kita denganNya, sehingga tilawah kita menjadi nikmat dan meresap ke relung jiwa.

3. Usahakan untuk selalu dalam keadaan berwudhu agar bertambah tenang dan jauh dari bisikan setan. Karena, kesucian wydhu dapat membantu kejernihan fikiran dan keindahan perasaan. Sahabat Bilal bin Robah, adalah orang yang terkenal selalu dalam keadaan berwudhu, Sehingga amat banyak kebaikan yang Beliau dapatkan,
4. Tidak banyak berbicara, kecuali yang penting dan bermanfaat. Karena kesucian bulan Ramadhan tidak suka dengan segala hal yang tidak baik, Menjauhi kumpul-kumpul yang tidak berguna, karena itu dapat membuat kita terlena/lalai dan berucap yang tidak sopan di bulan suci Ramdhan.

5, Usahakan selalu, agar ingatan, fikiran dan perasaan kita kian terpusat hanya kepada Allah Ta’ala.

Apapun yang tersirat, sambungkanlah dengan Penciptanya, yaitu hanya Allah yang kita tuhankan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed