oleh

Insan Radio Harus Manfaatkan Media Sosial Untuk Perluas Jangkauan

Yogya, Rasilnews – Dampak positif dari media sosial adalah memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan.
jarak dan waktu bukan lagi masalah, karena manusia lebih mudah dalam mengekspresikan diri, serta penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat dengan biaya lebih murah.

Direktur Radio Unisia Yogya Iwan Awaludin Yusuf, S. IP, M. Si, PhD memaparkan, sebuah penelitian mengungkapkan pada tahun 2022 pengguna medsos sekitar 191 juta pengguna, “kenaikan ini meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya (2021) yaitu 170 juta pengguna, ” Ujarnya.

Namun, dibalik perkembangan media sosial ternyata tidak dibarengi oleh keahlian insan media Radio, “tidak semua lembaga Radio Dakwah memiliki akun di media sosial, ” Ujarnya.
“harapan kita saat ini adalah para pengelola Radio dapat menggunakan sosial media untuk dapat menunjang program kerja tapi dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas, ” Katanya dalam Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Untuk Radio Dakwah, Yogya (18/06).

Sementara itu, Perkembangan radio di era medsos saat ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan kanal frekuensi. Bayangkan satu kanal pada radio digital mampu menampung lebih banyak program siaran. Dengan demikian, penyelenggara radio tidak perlu membangun infrastruktur jaringan transmisi seperti frekuensi meter transmitter, menara pemancar, saluran transmisi dan antena, “sosial media untuk dapat menunjang program kerja tapi dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas, sayang kalau insan radio tidak memanfaatkannya” tandasnya.

Dirinya Berharap dengan adanya acara ini bisa menjadi penambab amunisi ilmu sekaligus menjadi sarana silaturahim, “sehingga keterhuhungan ini bisa menjadi sarana bagi insan Radio kedepan dalam berdakwah lewat Radio, ” Ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed